Sagu Meranti Harus Mendunia

Dibaca: 1047 kali  Kamis,14 November 2013 | 10:27:00 WIB

Sagu Meranti Harus Mendunia
Ket Foto :

Komoditas  perkebunan sagu Kepulauan Meranti yang menjadi salah satu produksi terbaik saat ini di Indonesia ditargetkan bisa mendunia. Apalagi setelah varietasnya dikeluarkan dan diakui nantinya.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan Nasir MSi mengungkapkan, Selasa (12/11) memberikan apresiasi atas kerja keras dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan yang mampu mengeluarkan varietas sagu Kepulauan Meranti.

Dengan hak paten yang didapatkan setelah dilakukan kajian oleh para peneliti dari pemerintah pusat maka tinggal bagaimana mengembangkan tanaman sagu di Kepulauan Meranti sehingga bisa lebih dikenal nantinya.

‘’Kita mengharapkan sagu Meranti bisa mendunia. Hal itu sangat memungkinkan dan sudah terjadi sejak lama. Pasalnya sagu asal Meranti termasuk turunan makanan berbahan sagu sudah diekspor sejak dulu. Hanya saja belum diakui,’’ katanya dilansir riaupos.co.id.

Namun setelah dikeluarkan varietasnya, maka nantinya apapun yang keluar dari Meranti yang berbahan baku sagu atau tepung sagu sendiri wajib mencantumkan bahwa sagu itu berasal dari Meranti.

Hal itu menjadi peluang besar untuk terus dikembangkan mengingat secara geografis, letak wilayah Kepulauan Meranti berada di perbatasan, baik berbatasan dengan wilayah provinsi maupun berbatasan dengan sejumlah negara.

Makanya orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu menginginkan adanya upaya yang keras dari seluruh pihak nantinya. Mulai dari SKPD terkait, sampai kepada pelaku usaha dan komponen lainnya yang memanfaatkan sagu Meranti dalam menunjang perekonomian.

‘’Jika dulunya tepung sagu yang dikirim ke Cirebon diakuisi, maka hal itu tidak boleh terjadi lagi. Termasuk yang selama ini sagu yang dikirim ke sejumlah negara, baik dalam bentuk mentah, maupun setelah menjadi makanan berbahan sagu,’’ ungkapnya.

Dengan pelepasan varietas sagu Meranti yang telah dilakukan, diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat di Kepulauan Meranti. Selain itu juga termasuk untuk menjadi sumber peningkatan sumber pendapatan asli daerah.

‘’Jika kita kelola dan manfaatkan pelepasan varietas sagu ini tentunya akan menjadi peningkatan ekonomi masyarakat termasuk peningkatan PAD kita. Karena hal itu menjadi tujuan kita dalam melepaskan varietas sagu ini,’’ harap Irwan.

Bupati Kepulauan Meranti juga mengharapkan nantinya pengelolaan protensi perkebunan dan pertanian lainnya yang ada di Kepulauan Meranti seperti karet, kelapa, kopi dan lainnya.

Termasuk melakukan upaya mengatasi berbagai kendala saat ini seperti masih terjadinya fluktuasi harga dari berbagai potensi perkebunan dan pertanian itu yang berdampak kepada merosotnya perekonomian masyarakat.

‘’Banyak cara yang bisa dilakukan seperti membangun industri pengolahan di Meranti, pembangunan infrastruktur pendukung dan lainnya. Dengan begitu nantinya peningkatan ekonomi masyarakat di seluruh wilayah Kepulauan Meranti dapat terwujud dengan baik,’’ terangnya.(rep2)

////////////

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com