Warga Merbau Dambakan PLN

Dibaca: 1404 kali  Sabtu,16 November 2013 | 08:46:00 WIB

Warga Merbau Dambakan PLN
Ket Foto :

SELATPANJANG – Warga Kecamatan Pulau Merbau sangat berharap sesegera mungkin bisa menikmati listrik dari PLN. Dengan hadirnya jaringan listrik milik PLN, warga yakin perekonomian masyarakat jadi lebih baik.

"PLN sudah ada di Ketapang, tapi jaringannya belum sampai ke Renak Dungun dan  desa-desa lainnya di pesisir utara pulau ini. Kita berharap ada upaya dari PLN untuk segera  menambah kapasitas daya mesin PLN di Ketapang. Soalnya, ribuan warga di pulau ini memang mendambakan listrik dari PLN," kata Usman, salah seorang warga Renak Dunguk, Kecamatan Pulau Merbau, Jumat (15/11) dilansir haluankepri.com.

Usman menambahkan, saat ini suplai listrik yang dinikmati warga Merbau berasal dari genset bantuan Pemkab Meranti. Itu pun belum semua warga yang bisa menikmati listrik.    

"Ada ribuan warga lainnya yang belum dialiri listrik PLN," ucapnya.

Usman yakin, jika jaringan PLN hadir dan mengaliri rumah-rumah warga Merbau, maka perekonomian akan menggeliat. Usaha rumahan warga akan semakin berkembang.

Di tempat lain, anggota DPRD Meranti asal dapil Pulau Merbau Edy Mashudi mengamini apa yang menjadi keinginan warga Pulau Merbau. Katanya, ketersediaan listrik milik PLN sangat didambakan.

"Saat ini masyarakat memang berharap agar kebutuhan infrastruktur dasar ini segera terpenuhi. Selain akses  jalan poros, jalan antardesa, listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang diharap-harapkan bisa terpenuhi," ujarnya.

Meski saat ini warga mendapat penerangan litrik dari genset bantuan Pemkab Meranti, namun PLN diminta juga mendengarkan masukan masyarakat.

"Kita minta agar pihak PLN Ranting Selatpanjang yang membawahi sub ranting Ketapang, bisa mengakomodir keinginan masyarakat Pulau Merbau ini. Kalaupun tidak bisa sekaligus, minimal PLN berupaya secara bertahap meningkatkan daya mesin PLN di Ketapang. Dengan upaya ini, secara berangsur-angsur jaringannya bisa diperluas ke desa-desa terdekat" ungkap Edy Mashudi.

Manager PLN Ranting Selatpanjang yang membawahi PLN Ketapang Doddy Prariyadi, mengakui suplai listrik dari mesin PLN Ketapang sangat terbatas.

"Kalaupun sudah beroperasi, belum mampu untuk menambah jaringan baru. Untuk itu, masyarakat diharapkan bisa besabar dan pihak PLN Ranting Selatpanjang tetap konsen untuk terus berupaya meningkatkan jaringan PLN di Pulau Merbau. Soal itu sudah kita ajukan ke PLN wilayah. Hanya saja, sampai hari ini belum ada konfirmasi lebih lanjut. Kita akan terus upayakan agar ada penambahan mesin PLN di Ketapang," kata Doddy.(rep2)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com