SPIPISE segera Dijalankan

Akselerasi Ekonomi Terus Meningkat

Dibaca: 1367 kali  Selasa,30 April 2013 | 12:45:00 WIB

Akselerasi Ekonomi Terus Meningkat
Ket Foto :

SELATPANJANG – Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kepulauan Meranti Drs Defril MSi mengatakan akselerasi Kepulauan Meranti dalam bidang perkembangan ekonomi terus meningkat setiap tahunnya. Untuk mengimbangi perkembangan yang ada, dalam waktu dekat akan diberlakukan Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) yang dikemas dalam Sistem Informasi Geografis (SIG).

 
“Dalam tiga tahun terakhir akselerasi kita cukup memuaskan, tahun 2013 ini sudah ada 13 perusahaan yang berinvestasi di Kepulauan Meranti. Tentunya ini harus kita imbangi dengan pelayanan yang lebih optimal,” ujarnya  usai membuka kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) SPIPISE di Ballroom Kopi Tiam, Jalan Diponegoro, Selat panjang, Senin, (29/4).
 
 
Defril juga menambahkan, angka pertumbuhan ekonomi Kepulauan Meranti sudah mampu menyamai angka rata-rata pertumbuhan ekonomi provinsi. “Oleh karena itu, daerah ini begitu berpotensi untuk menanamkan modal bagi para investor,” tuturnya.
 
Sebagai narasumber dan instruktur, dia mengatakan BPMPPT mendatangkan langsung petugas dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Nasional. Untuk peserta merupakan pegawai internal di BPMPPT Kepulauan Meranti yang telah ditunjuk.
 
“Semua perangkatnya sudah disini, dan sekarang kita sedang melakukan diklat untuk operator. Jadi mereka nanti yang akan menjalankan perangkat ini. Untuk SDM-nya memang harus dilatih, karena ini menggunakan sistem online,” kata mantan Kepala Disdukcapil Kepulauan Meranti itu.
 
Dikatakannya, SPIPISE ini nantinya akan lebih mempermudah semua urusan para investor yang ingin menanam modal di daerah. Sistem ini nantinya akan menyediakan semua data peluang investasi dari berbagai sektor melalui layanan online, sehingga penanam modal tak mesti harus mencari data kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD), dan juga sarana mempromosikan potensi daerah.
 
Selain itu, dengan sistem yang baru ini juga para penanam modal tidak perlu susah-susah ke Jakarta. Semua bisa diurus melalui Kantor BPMPPT di daerah, kecuali untuk investor yang berasal dari luar negeri. (rep-01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com