Bupati: Sebelum Idul Fitri 2014, Jalan Selatpanjang Mulus

Dibaca: 1095 kali  Sabtu,21 Desember 2013 | 10:07:00 WIB

Bupati: Sebelum Idul Fitri 2014, Jalan Selatpanjang Mulus
Ket Foto :

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, berjanji sebelum Idul Fitri Tahun 2014 mendatang, seluruh jalan utama di Kota Selatpanjang sudah dibangun dengan mulus. Kendala yang dihadapi untuk membangun jalan hotmix yang memadai di Ibukota Kabupaten ini, adalah belum adanya Asphalt Mixing Plan (AMP).
 
“Pembangunan sarana fisik seperti jalan di daerah ini memang belum menggembirakan. Untuk membangun sarana fisik seperti jalan hotmix membutuhkan banyak persyaratan, seperti ketersediaan AMP,” kata Irwan, dalam sambutannya pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD, dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-5, Kamis (19/12) kemarin.
 
Asphalt Mixing Plan atau disingkat AMP adalah Unit Mesin atau lebih dikatakan unit alat yang digunakan untuk memproses beberapa material seperti batu split, debu dan aspal cair untuk dijadikan Hotmix sebagai bahan konstruksi jalan. Unit yang ada dalam Plan ini adalah Cold Bin, Dryer, Mainframe (Screen, HotBin, Mixer), Asphalt Tank, BC tank serta unit tambahan untuk mengurangi polusi udara yaitu Cylo atau Bag Filter.
 
“Alhamdulillah sudah ada investor dari Surabaya yang sedang membangun AMP di Kabupaten Kepulauan Meranti. Keberadaan AMP ini nantinya kita harapkan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan bahan konstruksi untuk pembangunan jalan hotmix di daerah ini,” ujar Bupati Irwan.
 
Mulai tahun 2014 mendatang, kata Irwan, proyek pembangunan jalan hotmix di daerah ini akan meningkat signifikan. Tidak hanya proyek yang didukung dari dana APBD Kabupaten Kepulauan Meranti sendiri, namun juga proyek pembangunan jalan dari dukungan dana APBD Pemerintah Provinsi Riau.
 
Seperti akses jalan antara Desa Alai dan Desa Mengkikip yang menjadi akses menuju roll on roll off (roro) penyeberangan ke Pulau Sumatera, ungkap Irwan, saat ini sedang menjadi pembahasan intensif antara Pemerintah Provinsi, DPRD Riau dan Pemkab Kepulauan Meranti.
 
“Pemprov dan DPRD Riau sudah mulai memberikan perhatian terhadap percepatan pembangunan jalan yang dikategorikan jalan provinsi itu. Pada Tahun 2014 mendatang Pemerintah Provinsi Riau sudah menganggarkan biaya pembangunan sekitar Rp 60 Milyar dan sedang dibahas dengan sistem pembangunan multi years,” ungkapnya. (rep05/sas)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com