Desa Masih Terisolir Akibat Minim Infrastruktur

Dibaca: 736 kali  Kamis,09 Januari 2014 | 11:16:00 WIB

 Desa Masih Terisolir Akibat Minim Infrastruktur
Ket Foto :

SUNGAI TOHOR - Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi mengatakan, infrastruktur  jalan, jembatan dan pelabuhan di kecamatannya memang masih sangat minim. Kondisi itu membuat ribuan masyarakat di berbagai pelosok pedesaan masih terisolir, baik dari pusat pelayanan publik di Kecamatan maupun Kabupaten di Kota Selatpanjang.
 
“Aktifitas sosial dan ekonomi masyarakat di Kecamatan kami sangat tergantung pada kondisi cuaca. Kalau musim penghujan praktis jalur transportasi laut menjadi salah satu alternatif. Sedangkan akses jalan daratnya hancur lebur alias susah dilalui kendaraan. Bahkan masih banyak yang belum tersambung,” kata Helfandi.
 
Minimnya infrastruktur, ungkapnya, menyebabkan masyarakat desa di Tebingtinggi Timur harus terisolir, baik dari aktifitas sosial maupun pusat ekonomi. Yang lebih miris lagi, kondisi ini juga menyebabkan angka inflasi di wilayah ini cukup tinggi. “Untuk itu, masyarakat memang berharap ada perhatian khusus dari Pemkab Kepulauan Meranti untuk menggesa pembangunan infrastruktur di wilayah ini,” ujarnya.
 
Terpisah, Sekretaris Yayasan Pejuang Meranti, Efendi Rustam, mengatakan, percepatan pembangunan infrastruktur akan lebih efektif bila langsung dilakukan masyarakat. Persoalannya, dengan kondisi daerah yang minim infrastruktur dan jauh dari jangkauan pusat pelayanan publik, jelas akan menyisakan celah kemiskinan.
 
“Dengan masyarakat yang menjadi subjek pembangunannya, resiko kegagalan akan semakin kecil. Jadi, formula yang paling tepat untuk menggenjot pelaksanaan pembangunan di Tebingtinggi Timur, yakni melalui program PNPM Mandiri Pedesaan ataupun Proyek PPID,” terang Efendi.
 
Meskipun demikian, lanjutnya, political will tetap ada ditangan pemerintah daerah. “Yang jelas Pemkab Kepulauan Meranti memang harus menggesa pembangunan infrastruktur daerah ini, bila memang ingin memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah pedesaan,” tegasnya. (sas/rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com