Pemcam Rangsang Pesisir Optimalkan PNPM Mandiri

Dibaca: 1343 kali  Senin,13 Januari 2014 | 02:23:00 WIB

Pemcam Rangsang Pesisir Optimalkan PNPM Mandiri
Ket Foto :

RANGSANG PESISIR - Dari sembilan kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Kecamatan Rangsang Pesisir, merupakan wilayah Kecamatan perbatasan negara yang masih sangat minim fasilitas infrastruktur, terutama jalan.
 
Akses jalan antar desa maupun dengan pusat kecamatan di Desa Sonde, belum memadai. Kalau pun ada, kondisinya sudah tak lagi mampu menunjang aktifitas masyarakat di semua lini. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi dan akses pelayanan publik tidak bisa berjalan normal.
 
Hal itu diungkapkan Camat Rangsang Pesisir, Idris Sudin, di kantornya yang terletak di Desa Sonde. Menurutnya, Kecamatan Rangsang Pesisir sebenarnya punya potensi sumber daya alam yang sangat besar. Namun karena buruknya kondisi jalan, potensi itu tenggelam dan belum tergarap.
 
“Pertumbuhan ekonomi masyarakat juga lambat. Masyarakat kehilangan gairahnya untuk lebih produktif. Untuk itu, mulai tahun 2014 ini porsi alokasi anggaran PNPM Mandiri di Kecamatan Rangsang Pesisir akan di prioritaskan bagi pembangunan jalan pedesaan,” ungkap Camat.
 
Dikatakannya, seiring dengan komitmen Bupati meningkatkan alokasi penyertaan anggaran PNPM Mandiri pada tahun 2014 ini, menjadi harapan besar bagi masyarakat untuk mendapatkan porsi anggaran guna membangun infrastruktur pedesaan. Apalagi Pemkab juga berkomitmen porsi anggaran PNPM Mandiri Pedesaan tahun 2014 ini akan diprioritaskan bagi pembangunan pedesaan di pulau-pulau terluar.
 
“Ini sudah menjadi kesepakatan bersama seluruh kepala desa untuk memprioritaskan pembangunan jalan. Kita ingin agar masyarakat di pedesaan, bisa segera terlepas dari persoalan jalan yang jelek, becek dan banjir. Dengan demikian potret buram desa-desa di Rangsang Pesisir, bisa berubah diakhir tahun 2014. Dan program ini akan kita lanjutkan pada tahun 2015. Target kita, sampai akhir 2015 akses antar desa sudah terkoneksi dengan baik,” beber Camat. (sas/rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com