Tebingtinggi Timur Siapkan Lahan untuk Puskeswan

Dibaca: 1056 kali  Rabu,29 Januari 2014 | 06:02:00 WIB

 Tebingtinggi Timur Siapkan Lahan untuk Puskeswan
Ket Foto :

SELATPANJANG - Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi Timur (3T), Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, telah menyiapkan lahan untuk pembangunan Fasilitas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Desa Sungaitohor. Dengan demikian, diharapkan pembangunan Puskeswan bisa segera terealisasi.
 
Demikian diungkapkan Camat Tebingtinggi Timur, Helfandi SE MSi, saat dikonfirmasi terkait rencana pembangunan Fasilitas Puskeswan di Desa Sungaitohor, Selasa (28/1/2014). Dikatakannya, pembangunan fasilitas tersebut merupakan program dari Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
“Kita siapkan lahannya, sehingga pembangunan Puskeswan di Kecamatan ini bisa segera direalisasikan. Kita berharap dengan dibangunnya Puskeswan tersebut dapat meningkatkan produksi peternakan di Kecamatan yang baru tiga tahun berdiri ini,” kata Camat Helfandi.
 
Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian, Perternakan dan Tanaman Pangan Kepulauan Meranti, drh Sri Nofrianti, Selasa (28/1/2014) siang mengungkapkan, pembangunan Puskeswan di Sungaitohor karena melihat perkembangan jumlah peternakan sapi di Kecamatan Tebingtinggi Timur yang sangat baik.
 
“Lokasinya di Desa Sungaitohor dan tahun ini juga akan dibangun melalui APBN dengan anggaran sebesar Rp300 juta. Proses lelangnya di pemerintah pusat dan besok atau lusa pihak Dinas Peternakan dari Provinsi Riau akan datang untuk meninjau ke lokasi,” ujar drh Sri Nofrianti.
 
Selain menyangkut ketersediaan lahan, ungkapnya, alasan utama dipilihnya Desa Sungaitohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur sebagai lokasi pembangunan Puskeswan, karena wilayah Kecamatan ini merupakan sentral peternakan sapi di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
“Selama beberapa tahun terakhir perkembangan ternak sapi di Kecamatan Tebingtinggi Timur terus meningkat. Bahkan saat ini tercatat kurang lebih 1000 ekor sapi yang berhasil diternak oleh warga melalui bantuan pemerintah,” ungkapnya.
 
Selain itu, juga akan ditempatkan enam orang penyuluh peternakan dengan satu orang dokter hewan yang setiap saat bisa membantu warga memeriksa kesehatan sapi dan hewan ternak lainnya. Sedangkan mengenai mobiler dan alat kesehatan (Alkes) akan diajukan ke Pemerintah Provinsi.
 
“Selain untuk membantu peternak, pembangunan fasilitas Puskeswan itu juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan potensi sektor peternakan di Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya peternak di Desa Sungaitohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur,” tutupnya. (ssas/rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com