Sekda dan Petani Panen Raya di Desa Segomeng

Dibaca: 1866 kali  Senin,10 Februari 2014 | 07:57:00 WIB

Sekda dan Petani Panen Raya di Desa Segomeng
Ket Foto :

 

SELATPANJANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs Iqaruddin MSi, mengapresiasi masyarakat yang ingin kembali ke sawah. Ini sebagai bentuk kegiatan yang bisa menyemangati masyarakat yang lain baik di Kepulauan Meranti sendiri maupun di tempat yang lain.
 
Demikian disampaikan Iqaruddin dalam sambutannya saat mewakili Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, dalam rangka panen raya perdana di Desa Segomeng Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Senin (10/2/2014).
 
“Ini akan menyemangati yang lainnya. Kita melihat adanya masyarakat ingin kembali ke sawah, ini suatu kegiatan yang membanggakan kita. Di luar sana banyak orang kelaparan, stok beras tidak cukup, tetapi kita telah memproduksi beras seperti saat ini,” kata Iqaruddin.
 
Saat zaman orde baru dulu, ungkapnya, beberapa tahun Indonesia berhasil swasembada beras. Namun sampai sekarang itu hilang, dan Indonesia kembali mengimpor beras. Untuk kedepan, diharapkan masyarakat Kepulauan Meranti harus pro kepada padi dan tanaman lainnya.
 
Iqaruddin juga meminta bagi petani yang berprestasi, agar dibawa studi banding ke beberapa tempat, sehingga bisa lebih menambahkan wawasan tentang pertanian, seperti tanaman padi ini.
 
“Kalau kita ingin kaya, kedepan kita harus kembali ke pertanian, lahan kita masih banyak terbentang. Ini orang-orang yang tangguh, tangannya dingin untuk membidangi masalah pertanian,” tambah Iqaruddin lagi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Tanaman Pangan (DPPTP) Kepulauan Meranti, Yulian Norwis SE MM, mengatakatan, dengan panen raya perdana itu dapat menjadikan masyarakat di Desa Segomeng bisa lebih sejahtera, minimal bisa lebih mandiri dalam pemenuhan kebutuhan beras.
 
Diungkapkannya, total luas lahan tanaman padi yang dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), di Desa Segomeng, Kecamatan Rangsang Barat itu seluas 50 Hektar. “Hasil panen kali ini sekitar 4,5 ton,” katanya.
 
Disebutkannya pula, melalui program cetak sawah tersebut diharapkan produksi beras di Kabupaten Kepulauan Meranti bisa terus meningkat. Dengan begitu tujuan akhir untuk menjadikan Kepulauan Meranti swasembada pangan bisa terwujud.
 
Kegiatan Panen Raya di Desa Segomeng ini merupakan ketiga kalinya di Kabupaten Kepulauan Meranti. Sebelumnya di Desa Teluk Samak dan Desa Penyagun, Kecamatan Rangsang juga panen padi. Kemudian panen di Desa Segomeng ini merupakan panen yang ketiga. (sas/rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com