Sumur Kering, Warga Lemang Gunakan Air Parit

Dibaca: 1447 kali  Rabu,26 Februari 2014 | 12:42:00 WIB

Sumur Kering, Warga Lemang Gunakan Air Parit
Ket Foto : ilustrasi/net

SELATPANJANG - Warga Desa Lemang, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, mulai memanfaatkan air parit untuk kebutuhan sehari-hari. Ini terpaksa dilakoni setelah sumur-sumur di rumah warga kering akibat kemarau yang melanda sejak sebulan belakangan ini.
 
Seperti diakui Ernita (45), warga Dusun Peranggas, Desa Lemang. Ia mengaku sudah sebulan mengambil air dari parit, samping jalan poros Desa Lemang. Hal ini terpaksa dilakukannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mencuci, dan mandi.
 
“Perigi (sumur, red) kami di rumah sudah kering, jadi mau tak mau ini terpaksa harus kita lakukan. Karena air menjadi kebutuhan wajib setiap hari,” ungkapnya.
 
Kepala Desa Lemang, Murkhan saat dikonfirmasi, kemarin membenarkan hal itu. Dikatakannya, bukan hanya satu orang saja warga yang mengambil air parit untuk memenuhi kebutuhan air bersih, namun banyak warga. Rata-rata yang mengambil air di parit adalah kaum ibu.
 
“Memang setiap hari air parit di tepi jalan utama Desa kami diambil warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Karena sejak musim kemarau ini, hampir seluruh sumur masyarakat kering,” ungkapnya. (Rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com