Lagi, Kebun Sagu di 3T Terbakar

Dibaca: 1315 kali  Rabu,05 Maret 2014 | 08:59:00 WIB

Lagi, Kebun Sagu di 3T Terbakar
Ket Foto :

SELATPANJANG - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sampai saat ini masih saja terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Kali ini melanda satu lahan kebun sagu di pinggir perairan Selat Air Hitam tepatnya di lokasi bekas bangsal sagu anak ayam Kecamatan Tebingtinggi Timur.
 
Pantauan wartawan, Selasa (4/3/2014) ketika melintasi perairan itu, kebakaran terjadi dan mulai melahap kebun sagu itu. Dari jauh juga sudah terlihat asap membumbung tinggi.
 
Terlihat satu pompong kecil berisikan tiga orang sedang berupaya memadamkan api menggunakan mesin robin.
 
Menurut Camat Tebingtinggi Timur (3T), Helfandi SE MSi, lokasi kebakaran tersebut bernama Anak Ayam bekas Bangsal Sagu Anak Ayam. Bangsal sagu tersebut ditinggalkan pemiliknya lantaran pernah terperosok sebanyak dua kali.
 
“Bangsal itu pernah terperosok (turun, red) seperti ada sesuatu yang turun ke laut menyebabkan dasarnya menjadi kosong dan membuat bangsal terperosok,” kata Helfandi.
 
Ditambahkan Helfandi lagi, bangsal sagu itu tidak sekali terperosok, melainkan dua kali. Setelah terperosok pertama, pihak pengelola memperbaiki lagi, lalu sekitar akhir tahun 2011 atau awal 2012 lalu, bangsal tersebut kembali terperosok, dan membuat bangsal sagu ini harus ditinggalkan pemiliknya.
 
“Menurut pengusaha bangsal sagu itu sesuatu yang kurang bagus makanya ditinggalkan. Dua kali tenggelam, tenggelam kedua sekitar dua tahun lalu,” ujar Helfandi lagi.
 
Kebakaran di Anak Ayam ini menambah daftar panjang karhutla di Kepulauan Meranti yang sudah terjadi sejak sebulan yang lalu. Sebelumnya, ribuan hektar kebun sagu juga terbakar di 3T yaitu milik PT Nasional Sago Prima (NSP), selain itu karhutla juga melanda di beberapa kecamatan lainnya. (Rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com