Kebakaran di Desa Mekong Merembet ke Badan Jalan

Dibaca: 1278 kali  Kamis,13 Maret 2014 | 10:48:00 WIB

Kebakaran di Desa Mekong Merembet ke Badan Jalan
Ket Foto : ilustrasi/net

SELATPANJANG - Kebakaran di Desa Mekong, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, yang terjadi sejak beberapa hari belakangan terus saja meluas. Kali ini kebakaran sudah merembet ke badan jalan utama di Desa Mekong itu.
 
Pantauan di Desa Mekong, awal kebakaran ini terjadi dari salah satu kebun karet tepatnya di dekat Sekolah Menengah Atas (SMA) Tebingtinggi Barat. Kebakaran ini terus saja meluas hingga menghanguskan lahan-lahan yang berada di dekat kebun karet. Lahan yang sebagian besar belukar itu dengan mudah dilahap si jago merah karena upaya pemadaman tidak bisa dimaksimalkan.
 
Kondisi kemarau yang berkepanjangan membuat hampir semua sumur warga mengering. Baik yang di rumah, maupun sumur-sumur yang biasanya terdapat di dalam kebun karet, sehingga sumber air untuk memadamkan api tidak ada.
 
Akibat tidak ada air pula, dan kencangnya angin, membuat api semakin cepat meluas dan membakar kebun karet dan sebagian semak belukar itu.
 
Pantauan, sejak minggu (10/3/2014) malam di lokasi kebakaran, api dengan cepat meluas hingga mencapai pemukiman warga, tidak ada hasil maksimal dari satu unit Mobil Damkar yang coba memadamkan api. Salah satu warga, Yusuf hanya mencoba menjaga rumahnya agar tidak ikut terbakar.
 
Api yang terus saja menyala tanpa ada pemadaman lagi itu, hingga Selasa pagi kemarin telah sampai ke tepi jalan utama di Desa Mekong. Meski terdapat parit kecil, api dengan mudah melintas.
 
Hingga Selasa pagi itu pula, api masih saja menyala di belukar yang belum terbakar dan menyisakan banyak asap di lahan yang sudah habis terbakar. (Rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com