Peningkatan Jalan Ke Pelabuhan Roro

Pemkab Kepulauan Meranti Usulkan Dana Rp 75 Miliar

Dibaca: 1357 kali  Kamis,13 Maret 2014 | 10:57:00 WIB

SELATPANJANG - Pemkab Kepulauan Meranti, Riau, ingin segera menuntaskan pembangunan akses jalan yang layak dilalui dari Desa Alai menuju pelabuhan Roll On Roll Off (Roro) di Kampung Balak, Kecamatan Tebingtinggi Barat. Untuk itu, dalam RAPBD Tahun 2014 ini sudah diusulkan dana peningkatan jalan sebesar Rp 75 Miliar.
 
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepulauan Meranti, Mohammad Azza Faroni, Rabu (12/3/2014) siang kemarin, mengakui bahwa jalan lintas antara Desa Alai menuju Pelabuhan Roro di Kampung Balak belum layak untuk dilalui kendaraan, terutama kendaraan roda empat.
 
“Saat ini kondisi jalan itu masih belum layak untuk dilalui oleh kendaraan, terutama kendaraan roda empat. Makanya kita sudah menganggarkan kembali untuk proyek peningkatan jalan dengan membangun base B,” kata Azza.
 
Dalam tahun anggaran 2014, ungkapnya, Pemkab Kepulauan Meranti menganggarkan usulan dana sebesar Rp75 Miliar untuk proyek peningkatan akses jalan menuju pelabuhan roro penyeberangan di Kampung Balak, Kecamatan Tebingtinggi Barat itu.
 
Total anggaran yang diusulkan dalam RAPBD itu, juga sudah termasuk untuk membangun drainase di sisi badan jalan dan perbaikan box culver yang patah di kilometer 36,5.
 
“Makanya tahun ini permasalahan itu akan kita selesaikan melalui anggaran yang sudah kita ajukan. Sehingga nantinya akses tersebut bisa dimaksimalkan sesuai tujuan dari dibukanya jalan yang menjadi akses penyeberangan menuju daratan sumatera itu,” sebut Azza.
 
Menurutnya, jika pengerjaan jalan tersebut tuntas sampai akhir tahun 2014 ini, maka mobilisasi masyarakat dan barang dari Kota Selatpanjang ke sejumlah daerah di Pulau Sumatera atau sebaliknya bisa berjalan dengan baik dan lancar.
 
“Karena diyakini jika akses jalan dan roro penyeberangan tersebut sudah berjalan lancer, maka secara otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti,” ujarnya. (Rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com