Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan

EMP MSSA Kerahkan 70 Personel Tim Pemadam Kebakaran

Dibaca: 1528 kali  Jumat,14 Maret 2014 | 11:34:00 WIB

EMP MSSA Kerahkan 70 Personel Tim Pemadam Kebakaran
Ket Foto :

MERBAU - EMP Malacca Strait SA (EMP MSSA) mengerahkan kurang lebih 70 orang personel tim pemadam kebakaran untuk memadamkan api akibat kebakaran hutan di sekitar wilayah operasi perusahaan. Selain itu, seluruh peralatan juga dimobilisasi mengingat luasnya area hutan yang terbakar.
 
Kepala Humas Energi Mega Persada (EMP), Heru Hardono mengatakan, intensitas penanganan kebakaran mulai ditingkatkan sejak 2 Februari 2014 lalu. Mulai saat itu, tim bekerja keras memadamkan api di sekitar wilayah operasi perusahaan dan perkebunan milik warga.
 
Di wilayah Kurau, luas area yang terbakar adalah sebesar 17,74 hektar, Area Melibur 0,365 hektar, DC Kuat 57 hektar dan AI Selatan seluas 1,2 hektar. "Bersama masyarakat, tim bekerja keras untuk memadamkan api di sekitar wilayah operasi dan perkebunan warga,” tutur Heru.
 
Heru menambahkan, EMP MSSA mengerahkan seluruh kendaraan tangki air dan mesin pompa air untuk melakukan pemadaman. Peralatan tersebut antara lain terdiri dari water truck, fire truck, vacuum truck dan bebagai jenis fire pump dengan total keseluruhan 22 unit.
 
Selain itu, optimalisasi sejumlah sarana pendukung juga terus ditingkatkan. Optimalisasi tersebut antara lain dengan terus mengontrol ketersediaan air di parit, water pond, dan water dumping.
 
Sejumlah bantuan personel dan peralatan pemadam kebakaran juga datang dari beberapa instansi. Dua di antaranya adalah bantuan personel dari Koramil Kecamatan Merbau dan Pertamina UP II, Sungai Pakning.
 
Menurut Heru, manajemen lapangan EMP Malacca Strait SA juga telah melakukan koordinasi bersama unsur pimpinan kecamatan (Upika) Kecamatan Merbau. Koordinasi ini bertujuan mengoptimalisasi upaya penanggulangan terhadap kebakaran hutan di Pulau Padang.
 
Saat ini tim pemadam kebakaran bersama warga terus berjaga-jaga. Kolaborasi antara warga dan tim penting mengingat begitu banyaknya titik api ditambah tidak turunnya hujan dan luasnya areal hutan yang mengalami kebakaran.
 
“Upaya maksimal terus kita lakukan. Tim pemadam kebakaran terus bekerja keras baik siang maupun malam bahkan hingga subuh secara bergantian,” katanya.
 
Bagikan Masker
 
Selain melakukan pemadaman api akibat kebakaran hutan di wilayah operasi dan area perkebunan warga, EMP MSSA juga membagikan sebanyak 1.500 masker kepada warga.
 
Pembagian masker tersebut diharapkan mengurangi dampak buruk akibat asap yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan. “Kita berharap kebakaran hutan ini dapat segera berakhir sehingga masyarakat dan semua pihak dapat beraktivitas seperti biasa,” pungkasnya. (Rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com