Alihkan Kegiatan Operasional Sementara

RAPP Fokus Padamkan Karhutla di Sei Hiu Pulau Padang

Dibaca: 1066 kali  Jumat,14 Maret 2014 | 11:35:00 WIB

RAPP Fokus Padamkan Karhutla di Sei Hiu Pulau Padang
Ket Foto :

TANJUNG PADANG - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mengerahkan seluruh sumber daya karyawan dan mitra untuk memadamkan kebakaran, Kamis (13/3/2014), di Dusun Sungai Hiu dan Sungai Labu, Desa Tanjung Padang, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.
 
Kebijakan perusahaan itu dilakukan guna memfokuskan tenaga dan perangkat pemadaman yang ada untuk membantu pemadaman di lahan masyarakat yang terbakar.
 
“Sejak kita mendapat laporan adanya kebakaran, kegiatan operasional kita alihkan sementara dan mengerahkan karyawan dan mitra serta semua unit pemadam kebakaran termasuk memberikan bantuan pompa jenis Robin untuk fokus melakukan pemadaman di Dusun Sei Hiu dan Desa Lukit,” kata Marzum, Estate Manager RAPP Pulau Padang, via selulernya, Kamis (13/3/2014).
 
Upaya pemadaman, jelasnya, langsung dilakukan guna mencegah adanya lompatan api ke lahan konsesi dan terjadinya kebakaran yang lebih besar lagi.
 
Komitmen terhadap penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), ungkapnya, terus ditunjukkan RAPP, afiliasi Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) yang telah menerapkan kebijakan pengelolaan lahan tanpa membakar atau No Burn Policy sejak tahun 1994.
 
Meski membutuhkan investasi yang tidak sedikit, kata Marzum, kebijakan ini sangat efektif untuk menjaga kelestarian lingkungan terutama menjaga keberlangsungan produktifitas lahan gambut.
 
“Saat ini, perusahaan juga mendukung Satuan Tugas (Satgas) Karhutla di lapangan, dengan mengerahkan 3 unit helikopter, serta didukung lebih dari 600 personil tim fire fighter yang dilengkapi pula dengan sejumlah peralatan pemadaman,” ungkapnya.
 
Direktur RAPP, Mulia Nauli, mengatakan tim pemadaman Karhutla RAPP melakukan penjagaan dan pemadaman baik yang berada di kawasan atau pun di luar konsesi perusahaan. Hal itu merupakan komitmen RAPP terhadap lingkungan sekitar, juga menjaga kawasan konsesi RAPP dari rambatan api dari luar konsesi.
 
“Selain itu, perusahaan juga menerapkan praktek-praktek pengelolaan hutan yang bertanggungjawab, seperti penerapan teknologi ecohydro untuk mengatur kelembaban lahan,” terangnya. (Rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com