Asyik, PNPM Merbau Salurkan BLT RTM

Dibaca: 1297 kali  Selasa,07 Mei 2013 | 01:31:00 WIB

Asyik, PNPM Merbau Salurkan BLT RTM
Ket Foto :

MERBAU - Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kecamatan Merbau dan Putri Puyu, baru-baru ini mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM MPd). Dana BLT itu merupakan hasil dari keuntungan bersih tahun anggaran 2012 lalu sebesar Rp282.333.021,-.

Seperti diungkapkan Fasilitator Kecamatan (FK) PNPM-MPd Kecamatan Merbau, Abdul Rahman di Telukbelitung Kecamatan Merbau. Keuntungan yang didapati itu merupakan hasil dari kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dan Dana Usaha Ekonomi Produktif Simpan Pinjam (UEP-SP).

“Melalui musyawarah PNPM-MPd Kecamatan Merbau kita sepakati sebagian keuntungan itu disalurkan kepada Rumah Tangga Miskin (RTM). Hal ini juga sesuai dengan Petunjuk Teknis Operasional (PTO) PNPM MPd,” kata Abdul Rahman, didampingi Ketua UPK PNPM-MPd Kecamatan Merbau, Khozinuddin SPdi.

Dijelaskannya, dalam Petunjuk Teknis Operasional (PTO) minimal dana bantuan yang mesti disalurkan adalah sebesar 15 persen, namun sesuai hasil kesepakatan melalui musyawarah, maka disalurkan sebesar 27,73 persen, dari total jumlah dana keuntungan tersebut.

“Selain itu juga disalurkan untuk kelembagaan Unit Pengelola Kecamatan (UPK) sesuai PTO minimal 10 persen, bonus pengurus UPK minimal 5 persen, dan tambahan modal SPP minimal 50 persen. Itu untuk tambahan modal perguliran,” ujarnya.

Setiap RTM ungkapnya, dibantu sebesar Rp6.535.000. Dimana untuk menentukan RTM tersebut, dilakukan seleksi yang didapati dari masing-masing desa pada dua Kecamatan di Pulau Padang itu. “Bukan kita yang menentukan penerima, pihak kita hanya menyalurkan saja, itu data yang falid kita dapati dari masing-
masing desa yang berprestasi dalam PNPM, terkecuali Desa Selat Akar,” ujarnya.

Harapannya, melalui bantuan langsung tunai dari keuntungan kegiatan PNPM MPd itu, dapat membantu atau meringankan beban ekonomi masyarakat. “Oleh Karen itu, bagi kelompok SPP yang sedang meminjam disarankan jangan terjadi tunggakan, karena keuntungan yang didapati itu merupakan dana dari perguliran SPP,” harapnya. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com