Camat Khawatir Karhutla Muncul Lagi di Tebing Tinggi Timur

Dibaca: 997 kali  Senin,24 Maret 2014 | 01:20:00 WIB

 Camat Khawatir Karhutla Muncul Lagi di Tebing Tinggi Timur
Ket Foto :

Selatpanjang-Akibat lahan gambut yang dalamnya mencapai 4 meter, Camat Tebingtinggi Timur (3T) Helfandi SE MSi mengaku masih khawatir Karhutla di daerahnya akan muncul kembali. 
 
"Lahan gambut bisa terbakar kapan saja. Sejak terjadi Karhutla dua bulan belakangan setidaknya luas lahan yang terbakar mencapai 5.500 Ha, dimana 2.200 Ha merupakan HTI Sagu milik PT NSP, dan sisanya untuk masyarakat di 10 Desa," paparnya.
 
Meski titik api sampai Jumat pagi tidak lagi ditemukan, kata Helfandi lagi tim siaga Karhutla yang dibentuk oleh desa yang terdiri dari 10 orang perdusun, serta tim Karhutla dari kecamatan tetap disiagakan. "Kita tetap siaga dan siap melakukan pencegahan ke lapangan," katanya.
 
Selain tim yang dibentuk dari desa hingga kecamatan, tambah Helfandi, ada satu unit Helycopter yang standby di Heliped PT NSP untuk terus memantau melalui udara dan akan melakukan bom air jika ditemukan titik api.
 
Meski tenaga manusia dan helycopter telah siaga, Helfandi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Tebingtinggi Timur untuk selalu waspada, walaupun api sudah padam. Pemilik kebun diminta untuk selalu melihat ke lokasi kebunnya. Helfandi mengaku khawatir api tiba-tiba muncul sebab, ketebalan gambut di 3T mencapai 4 meter. (rep01) 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com