Analisa LSI: Hanya 3 Capres Bertarung di Pilpres 2014

Dibaca: 1200 kali  Rabu,09 April 2014 | 06:40:00 WIB

 Analisa LSI: Hanya 3 Capres Bertarung di Pilpres 2014
Ket Foto :

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memprediksi akan ada tiga calon pasangan presiden pada 9 Juli 2014 mendatang. Ketiga capres itu berasal dari PDIP, Partai Golkar dan sisanya akan diperebutkan, antara Prabowo Subianto, Wiranto, dan peserta konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.
 
"Capres nanti dari 2009, hanya ada tiga pasangan. Yang pertama dapat tiket pasti Jokowi dengan PDIP dan partai koalisinya, ARB dan Golkar dengan koalisinya, sisanya Prabowo, Wiranto, peserta konvensi Partai Demokrat, dan koalisi partai Islam. Itu yang belum bisa dipastikan, siapa calon ketiga ini nantinya," kata Denny, kepada wartawan, Rabu (9/4).
 
Menurut Denny, peluang terbesar capres ketiga nantinya adalah akan diisi oleh Prabowo Subianto sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Namun demikian, mantan Danjen Kopassus tersebut memerlukan koalisi dengan partai lain untuk tembus 20 persen suara.
 
"Kans terbesar, saya rasa Prabowo yang akan maju di Pilpres nanti. Tetapi perlu dukungan minimal 20 persen suara, dia pasti berkoalisi dengan partai lain," jelasnya.
 
Denny menambahkan, tidak menutup kemungkinan jika kekuatan tiap capres akan diusung oleh empat partai koalisi. Hal itu terlihat dari hasil prediksi perolehan suara di mana PDIP dan Golkar akan memimpin koalisi.
 
"Ada kemungkinan kalau capres nanti diusung empat partai. Ini jadi menarik. Berbeda dengan tahun 2009 di mana koalisi partai semua lari ke Partai Demokrat semua," tandasnya.(rep05)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com