Hujan Mulai Stabilkan Produksi Sagu di Meranti

Dibaca: 864 kali  Jumat,11 April 2014 | 07:55:00 WIB

 Hujan Mulai Stabilkan Produksi Sagu di Meranti
Ket Foto :

Selatpanjang-Hujan yang turun sejak beberapa hari belakangan bisa membuat pelaku usaha pengolahan sagu di Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau, bernafas lega. Pasalnya, produksi sagu yang dulu sempat terhenti akibat kemarau beberapa waktu kini kembali bisa dikerjakan.
 
Sebagaimana diungkapkan Iwin HS, dalah seorang pemilik Industri sagu di wilayah Sungai Kabung Tebingtinggi, ketika ditemui wartawan Kamis (10/4/2014) siang kemarin. “Alhamdulilah hujan sudah turun normal, dan produksi kita yang beberapa bulan lalu sempat berhenti kini sudah kembali jalan,” ungkap Iwin Hs.
 
Pengusaha sekaligus pemilik kebun sagu ini mengaku saat musim kemarau kemarin, ia sempat menghentikan produksi sekitar 4 bulan. Jelas hal tersebut sangat menganggu perekonomian para pengusaha, dan juga berdampak kepada para pekerja.
 
“Terpaksa kita harus merumahkan karyawan selama berhenti produksi. Kita mau gaji dari mana kalau tidak ada sagu yang kita hasilkan,” tambahnya.
 
Selama ini ia mengaku memanfaatkan air kolam dan kanal yang sengaja digali disekitar kebun untuk mengolah parutan sagu menjadi sagu basah. Dan saat kemarau kanal dan kolam ini mengering, ia pun harus menghentikan produksinya.
 
“Kalau nahan baku batang sagu ada terus, cuma kita tidak bisa mengolah. Jadi sengaja tidak kita tebang batangnya, menunggu hujan kembali normal,” ungkap Iwin.
 
Industri sagu milik Iwin sendiri terhitung masih kecil, dari 4,5 hektar kebun ia menghasilkan sekitar 10 Ton sagu basah dalam 2 minggu. Sagu basah ini ia jual kembali ke pengusaha yang mengolah sagu basah menjadi tepung sagu. (sas/rep05)
 
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com