Pemuda Meranti Diajak Daftar Jadi Taruna Akpol

Dibaca: 1495 kali  Selasa,22 April 2014 | 03:22:00 WIB

 Pemuda Meranti Diajak Daftar Jadi Taruna Akpol
Ket Foto :

SELATPANJANG - Kabar baik bagi lulusan SMA sederajat di Kepulauan Meranti yang akan mengabdikan diri sebagai anggota Polri. Sebab, Kepolisian Republik Indonesia membuka pendaftaran taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 2014 yang dilangsungkan di seluruh Kepolisian Daerah di Indonesia.
 
Demikian disampaikan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, Minggu (20/4/2014) siang kemarin ketika dijumpai sejumlah wartawan di Selatpanjang.
 
Pendafataran taruna Akpol TA 2014 untuk seluruh pemuda-pemudi Indonesia ini, kata AKBP Pandra, telah dibuka pada tanggal 19 April kemarin sampai dengan 25 Mei 2014 mendatang. Untuk pendaftaran di wilayah hukum Polda Riau, dilaksanakan di SPN Pekanbaru jalan Pattimura nomor 13 Pekanbaru.
 
Polri, ungkapnya, sangat berkomitmen pada reformasi birokrasi yang diantaranya diimplementasikan lewat penerimaan anggota Polri yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH), merupakan bukti keseriusan Polri dalam memperkuat kualitas SDM Polri.
 
Mantan Ajudan Kapolri Sutanto itu juga mengharapkan, siapa saja yang berminat mengikuti penerimaan anggota Polri, termasuk Akpol untuk tahun ini, harus mempersiapkan dirinya dengan serius. Jangan khawatir bahwa penerimaan ini sangat terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan karena mekanisme penerimaan bisa diakses, dipantau dan diawasi oleh masyarakat.
 
“Peserta harus mempunyai keyakinan bahwa yang dapat meluluskan dalam seleksi ini adalah diri peserta itu sendiri. Tidak ada satu orangpun yang dapat membantu meluluskan. Jangan mudah percaya dengan bujukan dalam bentuk iming-iming dari pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang katanya bisa membantu dan menjamin kelulusan menjadi anggota Polri. Hal itu tidak benar. disini diawasi tidak saja oleh pengawas internal di lingkungan Polri, tetapi juga oleh pengawas eksternal di luar institusi Polri dari kelembagaan masyarakat,” tegas mantan Abang Jakarta itu.
 
Adapun persyaratannya ialah berijazah serendah-rendahnya SMU/MA jurusan IPA/IPS. Bagi yang berusia 16 tahun sampai dengan kurang 17 tahun nilai rata-rata Ujian Nasional (UN) mininimal 8,00. Atau nilai rata-rata UN minimal 7,25-7,99 dengan toefel diatas 500. Lalu untuk berusia 17-21 tahun memiliki nilai rata- rata UN minimal 7,25.
 
Bagi lulusan tahun 2014 (masih kelas 3 SLTA) menggunakan nilai rata- rata rapor Kelas 3 semester 1 (satu). Ketentuannya bagi yang berusia kurang dari 17 tahun nilai rata minimal 8,00. Bagi yang berusia 17- 21 tahun nilai rata- rata min 7,25.
 
Untuk tinggi badan, laki- laki 163 cm, wanita 160 cm, Juga harus seimbang dengan berat badan. Keterangan lebih lengkap dan pendaftaran online bisa mengunjungi web resmi Polri di www.penerimaan.polri.go.id, (sas/rep01)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com