Bathin Galang Akan Perkenalkan Tari Ayak Sagu di Melaka

Dibaca: 1234 kali  Minggu,27 April 2014 | 10:51:00 WIB

Bathin Galang Akan Perkenalkan Tari Ayak Sagu di Melaka
Ket Foto :

Merantionline.com, Selatpanjang - Menurut rencana, Sanggar Bathin Galang asal Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, bakal tampil di Melaka, Malaysia pada tanggal 23 Mei 2014 mendatang. Tampil dalam acara negeri jiran itu, Sanggar ini akan memperkenalkan tari ayak sagu.

Ketua Sanggar Bathin Galang, Sopandi SSos, ketika ditemui wartawan baru-baru ini di Selatpanjang, mengatakan mereka akan tampil pada saat pembukaan Pesta Sungai Melaka yang diadakan oleh Perbadanan Sungai dan Pantai Melaka.

"Sengaja akan kita tampilkan tarian ini, karena memang itu tarian khas yang kita (Kabupaten Kepulauan Meranti) miliki. Melalui ajang promosi wisata berskala internasional ini, kita harapkan Kepulauan Meranti dapat lebih dikenal oleh dunia," kata Sopandi.

Tarian yang mendeskripsikan proses pengolahan sagu hingga menjadi tepung itu, diciptakan sendiri gerakannya oleh Sanggar Bathin Galang, sejak tahun 2010 lalu.

"Ini sudah berkali-kali kita tampilkan dalam berbagai kegiatan. Jadi kita sudah siap, hanya tinggal mempolesnya saja lagi," ungkapnya.

Lewat tarian ayak sagu yang ditarikan oleh 6 orang wanita dan diiringi musik melayu itu, diharapkan nama Kabupaten Kepulauan Meranti dapat lebih dikenal oleh dunia luar. Kegiatan di Melaka itu akan dilaksanakan selama satu bulan, yakni mulai tanggal 23 Mei hingga 24 Juni 2014. (rep01)

Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com