Bupati Irwan: Kesehatan Olahraga Tunjang Efektifitas Belajar

Dibaca: 764 kali  Selasa,29 April 2014 | 12:03:00 WIB

 Bupati Irwan: Kesehatan Olahraga Tunjang Efektifitas Belajar
Ket Foto :

Selatpanjang-Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, mengatakan proses pembelajaran akan lebih efektif apa bila ditunjang dengan kondisi kesehatan dan daya kreativitas siswa yang baik. Peningkatan kondisi kesehatan dapat ditunjang melalui beberapa kegiatan antara lain, melalui bidang olahraga.
 
Demikian disampaikan Irwan pada acara pembukaan olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) SD/SMP tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti, di lapangan Gelora Selatpanjang, kemarin.
 
"Kegiatan yang lebih mengerahkan pada proses pembelajaran telah dilaksakan di sekolah – sekolah melalui program – program yang telah tertuang pada kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Untuk menyemarakkan, memotivasi dan memberdayakan sekolah perlu didukung suatu wadah yang menampung kegiatan tersebut dalam bentuk pertandingan," kata Irwan.
 
Ditambahkan Bupati lagi, kegiatan O2SN merupakan kelanjutan dari kegiatan pertandingan yang sudah dikenal dan merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh sekolah. Kegiatan ini merupakan suatu wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesehatan jasmani, dan daya kreativitas.
 
"Untuk itu dipandang perlu, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memprogramkan kegiatan O2SN yang diselenggarakan secara berjenjang dari sekolah, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional," ujar Irwan lagi.
 
Irwan mengharapkan dengan dilaksanakan O2SN ini ke depan memberikan manfaat bagi siswa tidak hanya mengarah pada kesehatan jasmani bagi siswa/siswi, meningkatkan kecintaan dan apresiasi yang besar terhadap bidang olah raga, meningkatkan kecakapan kolaborasi dan kooperatif. Selain itu, hendaknya juga diharapkan nantinya bisa menemukan bibit unggul atlet dan membentuk mental siswa/siswi kita dalam rangka membina kesatuan dan persatuan bangsa.
 
"Saya juga memiliki harapan yang lebih besar ketika Siswa/siswi Kepulauan Meranti masuk ke daftar perolehan prestasi di atas rata-rata, sehingga kita bisa menembus hingga tingkat nasional. Untuk itu, perlunya koordinasi antar jenjang sekolah, baik pelatih, maupun siswa/siswi, melaksanakan kegiatan secara teratur, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Mari kita ciptakan semangat berolahraga mari kita ciptakan generasi yang tangguh dan berprestasi demi membangun Kepulauan Meranti yang kita cintai ini khususnya di bidang olahraga," ujarnya lagi. (sas/rep03)
Akses Merantionline.com Via Mobile m.merantionline.com